APA merayakan hari jadinya yang ke-75 dengan sebuah upacara

Leitbetriebe Austria

Van der Bellen: “APA hampir ada di mana-mana di media” – Mair: “Kepercayaan adalah aset yang paling penting” – Babi: “Mendirikan APA memberi saya rasa hormat dan terima kasih yang besar”

APA – Kantor Pers Austria merayakan hari jadinya yang ke-75 sebagai kantor berita independen yang diorganisir secara kooperatif dengan upacara pada Rabu, 6 Oktober 2021. Pada awal acara di Arsenal Wina, Presiden Federal Alexander Van der Bellen memberikan penghormatan kepada APA. Dengan pesan-pesannya yang andal, berdasarkan fakta, dan seobjektif mungkin, ini mewakili “dasar demokrasi liberal” dan juga merupakan “pendamping tetap” baginya.

Para tamu termasuk Wakil Rektor Werner Kogler (Hijau), Menteri Federal untuk Uni Eropa dan Konstitusi Karoline Edtstadler (ÖVP), Menteri Federal untuk Perempuan, Keluarga, Pemuda dan Integrasi Susanne Raab (ÖVP), Menteri Luar Negeri Alexander Schallenberg dan banyak perwakilan terkemuka lainnya dari media, politik dan dunia Bisnis.

“APA ada di mana-mana”, Van der Bellen membuka pidatonya, untuk membuatnya lebih sederhana tak lama kemudian: “Ini hampir ada di mana-mana di media.” Sejak waktunya sebagai politisi, APA telah menjadi “pendamping tetap”. “Dengan keinginan terbaik di dunia, saya tidak dapat mengingat konferensi pers saya yang tidak diikuti oleh APA.” Beginilah cara kantor berita memenuhi mandatnya: “Untuk melaporkan peristiwa, keadaan, dan kondisi dalam politik. Cepat, mandiri, dan objektif, ”kata Van der Bellen.

“Berita yang dapat diandalkan, dapat dipercaya, berdasarkan fakta dan seobjektif mungkin adalah dasar bagi demokrasi liberal kita,” kenang Presiden Federal. Pembentukan basis ini adalah tugas media yang bebas dan independen. “Fakta bahwa APA memberikan ini kepada kami setiap hari, jam demi jam, menit demi menit, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk hari ini dan berharap yang terbaik untuk ulang tahun Anda,” kata Van der Bellen.

Markus Mair, Presiden Asosiasi Surat Kabar Austria (VÖZ) dan CEO Grup Media Styria, melihat kembali pidato perayaannya di awal APA sebagai koperasi. Sungguh “sangat luar biasa” bahwa surat kabar harian Austria pada waktu itu bergabung setelah Perang Dunia II untuk mendirikan sebuah kantor berita yang independen dari negara – bahkan jika pengaruh politik partai tidak salah lagi dalam beberapa tahun pertama karena banyaknya surat kabar partai. Hari ini independensi editorial APA juga dijamin oleh kemandirian dan kekuatan ekonomi. “Ini, jika Anda mau, DNA dari kantor berita independen.”

Mair mengidentifikasi berita palsu dan manipulasi sebagai tantangan saat ini. Platform pengecekan fakta yang didirikan oleh APA dua tahun lalu telah membuktikan dirinya dalam konteks ini. “Karena kepercayaan dari semua pelanggannya adalah modal terpenting bagi APA, tetapi juga bagi perusahaan media asal penerbitan,” kata Presiden VÖZ. Selain kepercayaan sebagai “mata uang yang stabil”, diversifikasi di bidang TI tidak diragukan lagi merupakan “kunci untuk mengatasi tantangan masa depan di bidang digitalisasi”.

Setelah itu, Clemens Pig, direktur pelaksana APA, menoleh ke para tamu. “Pendirian APA 75 tahun yang lalu memberi saya banyak rasa hormat dan terima kasih,” katanya. Karena para pendiri mengakui dua hal yang sangat penting: mendirikan APA dalam bentuk hukumnya sebagai koperasi dan menjadikan media Austria sebagai pemiliknya. Ini memastikan independensi editorial dari pengaruh eksternal dan merupakan “penyiapan yang cerdik”.

“Jika APA tidak ada sebagai media joint venture pada tahun 2021, pasti akan didirikan malam ini,” kata Pig. Namun demikian, mandat dasar APA akan diperluas dan teknologi bersama serta solusi digital untuk pasar media akan dituangkan ke dalamnya. Karena kebutuhan akan layanan TI terus meningkat, APA juga bereaksi. Yang sangat menarik adalah proyek yang dijalankan APA sebagai inisiatif lintas media: misalnya platform video Austria atau kios koran digital Austria-Kiosk. Pig sangat senang dengan kehadiran banyak perwakilan top dari kantor berita Eropa. Pertukaran profesional dengan mereka sangat penting.

Karin Thiller, direktur pelaksana APA, menekankan bahwa kantor berita terus berkembang. Upaya saat ini sedang dilakukan untuk membawa platform yang ada ke dalam bentuk baru. “Kami saat ini sedang dalam proses mengembangkan lebih lanjut berita unggulan kami, APA-OnlineManager, untuk mengenakannya dalam kedok kontemporer”. Profil pekerjaan baru juga telah dibuat – seperti Chief Digital Officer atau Verification Officer. Karena struktur kerjasamanya, APA adalah platform di mana “solusi bermanfaat bagi semua orang di seluruh industri media”, Thiller menekankan elemen pemersatu dari kantor berita, yang mereka lihat tidak hanya sebagai organisasi, tetapi juga platform teknologi.

Pemimpin redaksi APA Johannes Bruckenberger menekankan independensi sebagai dasar kerja jurnalistik sehari-hari. Ini adalah “perjuangan keras” ketika didirikan. Karena pers yang bebas membutuhkan kantor berita independen yang menjamin “aliran informasi yang bebas”. Seseorang terus mencari fakta setiap hari dan versi terbaik dari kebenaran, yang lebih penting dari sebelumnya di era disinformasi, kata pemimpin redaksi APA. Dalam melakukannya, seseorang bergantung pada kebajikan seperti menjaga jarak, tidak terlibat dalam penelitian berbasis fakta, keseimbangan, transparansi sumber, dan intervensi yang tidak patuh, tetapi masih berurusan secara transparan dan tanpa rasa takut dengan penilaian dan kesalahan Anda sendiri yang salah. “Prioritas utama adalah: ketepatan di atas kecepatan,” Bruckenberger mengakhiri pidatonya.

Setelah beberapa pidato utama, pakar media membahas tantangan dan pendekatan terkini untuk menjaga kredibilitas dan kesuksesan media dalam diskusi panel dengan topik “Media independen: nilai dan mata uang dalam ekonomi opini yang baru”. Selama perayaan resmi, Hermann Petz menerima Cincin Kehormatan Alfred Geiringer, yang dianugerahkan APA untuk mengenang bapak pendirinya atas jasa luar biasa terhadap kemerdekaan kantor berita Austria.

Tautan ke profil perusahaan APA: di sini

Author: blogadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *